Sekilas Tentang Administrasi Perkantoran

Program Administrasi Perkantoran memiliki kurikulum Standar Nasional berbasis perkembangan industri dan dunia kerja. Di SMK Widya Dharma Turen jurusan ini telah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional. Jurusan Administrasi Perkantoran bertujuan untuk menyediakan tenaga yang professional di bidang perkantoran.

Pada praktik kerjanya peran mereka adalah memastikan operasional kantor berjalan lancar. Administrasi Kantor pada kegiatan sehari-harinya fokus pada perencanaan kegiatan kantor, penyediaan peralatan kantor, mengatur perubahan antar departemen, mengatur anggaran keuangan sampai dengan membantu tugas manajemen senior untuk menggaji pegawai. Siswa Administrasi Perkantoran juga dibekali dengan kemampun berkomunikasi sehingga lulusan jurusan ini memiliki kompetensi di bidang hubungan massa, asisten personil maupun sebagai penyelenggara acara (event organizer).

Pembelajaran di SMK Widya Dharma Turen

Dengan visi menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) professional di bidang Administrasi Perkantoran yang mampu berkompetisi di tingkat nasional, maka jurusan ini membekali siswanya dengan kompetensi berikut:

  • Kemampuan berkomunikasi dengan relasi baik lisan maupun tertulis dengan memperhatikan norma dan lingkungan kerja.
  • Kemampuan penguasaan teknologi informasi untuk dapat melaksanakan tugas secara efektif dan efisien.
  • Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam pengelolaan surat dan dokumen lain sesuai standar operasional prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga.
  • Menerapkan dan mengembangkan pelayanan tgerhadap relasi
  • Menerapkan dan mengembangkan kemampuan di bidang keuangan hingga menjadi laporan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Penerapan konsep dan teori dilakukan di laboratorium Administrasi Perkantoran yang ada di sekolah dan selanjutnya dimatangkan lewat kegiatan Praktik Kerja Industri yang dilakukan di kantor dan perusahaan rekanan sekolah. Siswa juga dibekali dengan kompetensi tambahan melalui workshop di perusahaan, misalnya Table manner, Master of Ceremony, dan Jurnalistik.

Sebagai pemasok tenaga di bidang jasa tentu service excellent menjadi perhatian utama. Karena itu sekolah bekerjasama dengan Indonesia Life Institute untuk membekali siswa terkait softskill mereka. Selama setahun penuh siswa diberikan bekal tentang pengembangan diri, character building, communication skill dan enterpreunership. Dan yang tidak kalah pentingnya siswa diajarkan tentang Corporate culture yang menjadi bekal yang sangat berharga bagi setiap calon tenaga kerja.

Lapangan kerja jurusan ini terbuka luas, diantaranya menjadi staff administrasi kantor, bagian resepsionis, arsiparis serta operator komputer dan telepon, MC, Humas dan Keprotokolan serta wirausaha.