Sekilas Tentang Akuntansi

Akuntan adalah salah satu profesi yang paling populer sekaligus paling dibutuhkan dimanapun. Selama ini, akuntan sudah menjadi suatu profesi yang terhormat yang tak kalah pamornya dari profesi semacam ahli hukum, dokter, dan lain-lain. Akuntan adalah orang yang ahli akuntansi. Di SMK Widya Dharma Turen program keahlian akuntansi adalah program keahlian dengan status akreditasi A yang memberikan bekal pengetahuan bidang akuntansi. Setelah menerima pendidikan dan latihan selama 3 (tiga) tahun diharapkan siswa SMK Widya Dharma Turen program keahlian akuntansi mempunyai keahlian:

  • Mengelola transaksi keuangan di perusahaan jasa, dagang dan industri.
  • Menyusun laporan keuangan baik secara manual maupun menggunakan komputer akuntansi.
  • Mengelola administrasi keuangan diberbagai perusahaan.

Lulusan program keahlian akuntansi di SMK Widya Dharma Turen telah bekerja di berbagai bidang di antaranya sebagai:

  • Tenaga pembukuan di berbagai toko dan perusahaan.
  • Kasir di toko dan koperasi simpan pinjam.
  • Tenaga adminstrasi keuangan di berbagai perusahaan.

Secara umum, lulusannya setara dengan teknisi akuntansi junior.

Keunggulan Program Akuntansi

Mulai Tahun 2016/2017 program keahlian akuntansi bekerja sama dengan Cipta Jasatama konsultan keuangan dan perpajakan di malang telah membuka kelas industri yang diberi nama Cipta Jasatama Accounting and Tax Class Program (CACTP). Dalam kelas industri ini siswa dibekali dengan berbagai pengetahuan dan ketrampilan akuntansi dan perpajakan sampai mahir dan setelah lulus mereka akan mendapatkan ijazah berupa Brevet A dan Brevet B di bidang perpajakan (setara dengan Diploma 1/D-1 diperguruan tinggi), serta ijazah dan sertifikat lainnya. Kelas industri menempati ruang kelas yang disetting sesuai dengan suasana di tempat kerja/di kantor perusahaan. Peserta kelas industri mendapatkan keistimewaan untuk mengikuti kegiatan prakerin terpadu sekaligus studi tour di perusahaan yang menjadi rekanan Cipta Jasatama. Mereka juga dipercaya untuk mengelola Tax Center sebagai unit produksi akuntansi yang memberikan jasa penghitungan dan konsultasi pajak dan penyusunan laporan keuangan. Tax center berfungsi sebagai laboratorium akuntansi.

Siswa tidak hanya dibekali materi di dalam kelas tapi juga melakukan berbagai praktek kerja industri di Dunia Usaha/Dunia Industri seperti di Bank BRI, Bank Mandiri Syariah, Koperasi-koperasi simpan pinjam, termasuk instansi pemerintahan. Siswa terpilih dari program Keahlian Akuntansi juga mengikuti berbagai kegiatan lomba dan telah beberapa kali mendapatkan kejuaraan dalam Lomba atau Olimpiade akuntansi maupun dalam ekstra lainnya seperti beladiri. Bulan April tahun 2016 siswa akuntansi telah berhasil menjadi juara 2 dan harapan 3 dalam Lomba Akuntansi Tingkat Jawa Timur di Universitas Merdeka Malang. Bulan Oktober dan Nopember 2016 beberapa siswa akuntansi mengikuti kegiatan magang di PT Indoware, sebagai latihan sebelum mereka terjun ke dunia kerja.