Big Experience at PT Karya Manunggal Jati Sidoarjo

Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo semua, oke kali ini kita bakalan bahas tentang prakerin atau secara lengkapnya disebut Praktek Kerja Industri. Biasanya saat kelas 2 prakerin bakal dilaksanakan, tapi ada beberapa sekolah yang berbeda tergantung kebijakan sekolah itu sendiri, kalau kita untuk prakerinnya waktu kelas 2.

Btw, belum kenalan ya  Oke kenalan dulu ya biar makin akrab, jadi kita itu prakerinnya cuma berdua cewek semua lagi, saya sama teman saya yang anak Akuntansi namanya Deviya. Kalau saya sendiri anak TKJ, namanya rahasia ya makanya ayo join ke SMK WD biar bisa kenal saya.

Jadi kita mau cerita pengalaman waktu prakerin, apalagi kita prakerinnya bisa dibilang jauh di Sidoarjo untuk instansinya PT. Karya Manunggal Jati tapi gak papa lah untuk membentuk mental supaya berani.

Awal pertama datang ke instansi  itu keren banget soalnya pas waktu kita datang banyak banget pelamar pekerjaan di sana, sedikit ngurek-ngurek disana mereka ternyata nunggunya dari jam 8 pagi sampe sore buat antri. Terus kan kita di tes disana kebetulan ada anak dari sekolah lain ya sudah langsung kenalan dan ada satu anak yang cocok banget sama saya  soalnya hobinya sama jadi akrab sampai sekarang. Setelah di tes kita enggak langsung pulang tapi langsung praktek disana bantu-bantu, orangnya baik-baik semua, welcome banget jadi rasanya kita langsung nyaman.

Terus kita diberi ijin untuk masuk hari seninnya katanya biar gajinya gampang, btw kita juga digaji lumayan buat jajan tapi kalau yang suka nabung bisa ditabung juga. Kalau kalian mau kayak kita langsung daftar aja tahun depan untuk prakerin di PT. KMJ. Terus kita pulang ke kos itu juga diantar sama orang sana baik banget kan. Nah waktu di kos ini kita enggak tau mau kemana soalnya memang enggak paham daerahnya tapi sekarang sudah lumayan paham.

Hari pertama prakerin disana pas hari senin itu rasanya dag dig dug di lingkungan baru tapi tetap coba untuk tenang dan lumayan berhasil. Terus kita dipanggil untuk memperkenalkan diri, waktu itu ada 5 anak, tapi enggak ada yang mau maju duluan ya sudah daripada lama saya duluan waktu itu  kelihatannya berani tapi sebenarnya rasanya itu campur aduk.

Setelah selesai itu kita langsung praktek, lah disini saya kaget soalnya enggak ditaruh dibagian yang sesuai dengan jurusan saya malahan ditaruh bagian rekrutmen sedangkan Deviya, teman saya dia sudah di taruh dibidangnya tapi karena beberapa alasan dia minta untuk dipindahkan. Ya jujur awalnya saya enggak terlalu suka bagian itu tapi kelama-lamaan saya jadi nyaman banget soalnya banyak ilmu yang didapat khususnya untuk berkomunikasi yang baik dengan orang lain. Bukan cuma itu kita juga jadi paham kentalnya rasa kekeluargaan disana, mereka selalu memprioritaskan hal tersebut. Dan gak kerasa sudah mau 4 bulan kita disini jadi sudah mau berakhir, sebenernya nyaman banget disini enggak mau pulang. Kemarin saya ingin mengajukam tambahan prakerin lagi tapi sama pembimbing saya enggak diperbolehkan😅

Dela Hengky & Deviya PT KMJ

Jadi kita saranin untuk kalian yang tahun depan prakerin silahkan untuk mencoba disini karena kalian akan dapat banyak banget ilmu disini, enggak penting mau itu sesuai jurusan atau enggak sesuai karena yang terpenting itu kita bisa adaptasi dengan tempat baru dan berani untuk mencoba hal baru.

Ini jadi kayak curhat ya wkwkwkwk😂

Terimakasih yang sudah menyempatkan diri untuk mampir dan membaca,

Wassalammualaikum Wr. Wb.

Written by : Della Henky, siswi kelas XI Axio 2017/2018

Edited by : Ibu Dewi Andriyani, S.Pd, pembimbing prakerin di PT KMJ Sidoarjo/BKK SMK WD Turen