Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) membuat sekolah berlomba-lomba untuk menghasilkan bibit unggul terbaik. Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diharapkan lebih terampil dibanding siswa SMA sehingga siap terjun ke dunia industri. Karena itu, banyak SMK kini membuka kelas industri menggandeng para praktisi untuk melatih para siswa.

SMK Widya Dharma Turen sebagai salah satu SMK favorit di Malang Selatan, tidak mau ketinggalan. Bekerjasama dengan Konsultan Pajak dan Manajemen Cipta Jasatama Malang mendirikan Cipta Jasatama Accounting and Tax Class Program atau disingkat CATCP. Kelas ini lebih dikenal dengan sebutan Kelas Cipta, merupakan kelas industri jasa di bidang akuntansi dan perpajakan di mana standar pengelolaan dan materi sesuai dengan standar industri jasa keuangan di bawah bimbingan dari Konsultan Pajak dan Manajemen Cipta Jasatama Malang.

Kelas Cipta dapat diikuti oleh semua siswa dari Program Keahlian Akuntansi SMK Widya Dharma Turen yang telah lulus seleksi akademik dan administrasi yang dilakukan oleh pihak Sekolah dan Perusahaan. Sesuai dengan perjanjian yang telah ditanda tangani bersama pada tanggal 30 November 2016, maka tujuan pendirian kelas Cipta adalah:

  1. Memberi akses  yang  memadai  bagi  peserta  didik yang  memiliki potensi  kecerdasan dan bakat
  2. Meningkatkan efektivitas  proses pembelajaran  peserta
  3. Mencegah rasa bosan  terhadap  iklim  kelas yang  kurang  mendukung  berkembangnya potensi  keunggulan  peserta  didik  secara optimal
  4. Memacu mutu  peserta  didik  untuk peningkatan  keceradasan  spiritual,  intelektual,  dan emosionalnya  secara
  5. Memenuhi kebutuhan masyarakat  akan  lulusan  SMK  yang  benar-benar  berkompeten  dan siap  pakai  dalam pengelolaan  administrasi  keuangan  dan pajak.

Kelas Cipta menerapkan paduan antara Kurikulum Nasional dari Dinas Pendidikan dengan kurikulum yang diterapkan di perusahaan seperti yang ada di Konsultan Pajak dan Manajemen Cipta Jasatama Malang.

Adapun keunggulan dari kelas Cipta adalah:

  1. Pembelajaran menggunakan sarana dan prasarana standar perusahaan.
  2. Modul Teori dan Praktik mulai dari Akuntansi Dasar sampai Akuntansi Menengah
  3. Kuliah tamu dengan mendatangkan pakar dalam bidang akuntansi dan perpajakan.
  4. Dibimbing oleh para pengajar yang telah lulus Training Of Trainer (TOT) dan telah melakukan magang di perusahaan selama kurang lebih dua bulan.
  5. Praktek Kerja Industri (Prakerin) Terpadu dilakukan di 2 tempat, dua bulan di pihak cipta jasatama dan dua bulan di perusahaan yang lain.
  6. Kunjungan industri ke perusahaan-perusahaan yang dilakukan bersamaan dengan Prakerin Terpadu.
  7. Mendapatkan banyak sertifikat keahlian diantaranya:
  8. Sertifikat akuntansi perusahaan jasa, dagang dan manufaktur
  9. Sertifikat Brevet A dan B
  10. Lulusan dijamin kerja dan ditempatkan pada Kantor Konsultan Pajak dan Manajemen Cipta Jasatama Malang atau perusahaan rekanan.
  11. Mendapatkan kesempatan mengelola Tax Centre di SMK Widya Dharma Turen.

Walaupun baru saja berdiri tetapi kelas Cipta telah membuktikan keunggulannya dengan salah satu siswanya berhasil menjadi Juara Harapan II Olimpiade Akuntansi se Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Universitas Kanjuruhan Malang tahun 2017. Salam Sukses Selalu!!!