KELAS INDUSTRI AKUNTANSI SMK WD: MERAIH PREDIKAT KOMPETEN DALAM UJI KOMPETENSI SERVICE EXCELLENCE

Berbagai macam fasilitas dan terobosan diberikan oleh PT Cipta Sarana Cendekia sebagai lembaga yang menaungi kelas industri program keahlian akuntansi yang dimiliki oleh SMK Widya Dharma Turen, yaitu Cipta Sarana Cendekia Accounting and Tax Class Program, untuk membekali siswa-siswanya dengan berbagai macam kompetensi.

Salah satu terobosan baru yang  diberikan oleh PT Cipta tersebut adalah diselenggarakannya uji kompetensi “Service Excellence” yang bekerja sama dengan LSP Paras Surabaya.

Sebanyak 26 siswa kelas industri akuntansi SMK Widya Dharma Turen bersama 100 siswa lain dari SMKN 12 Malang dan SMK 17 Agustus Cluring Banyuwangi,  hari ini mengikuti uji kompetensi tersebut dengan baik.

Uji kompetensi “Service Excellence” yang diselenggarakan bekerjasama dengan LSP Paras Surabaya ini terdiri atas 3 skema, yaitu menangani kolega dengan terdapat complain didalamnya, menerima telepon dalam bahasa inggris dan membuat Customer Satisfaction Card.

Untuk skema 1 dan 2 siswa berpasangan mempraktekkan kasus menangani kolega, salah satu berperan sebagai Customer Service sebuah perusahaan dan yang lainnya berperan sebagai customer. Sedangkan skema 3 siswa berkelompok 5 orang untuk membuat kartu tingkat kepuasan pelanggan.

Walaupun notabene di dalam kurikulum pembelajaran mereka sehari-hari tidak mendapatkan pelajaran tersebut ketiga skema tersebut dapat diselesaikan dengan baik oleh ke 26 siswa kelas industry akuntansi SMK Widya Dharma dengan baik dan semangat.

Kegiatan ini dilaksanakan di PT Cipta Sarana Cendekia sebagai tempat uji kompetensi mulai dari jam 10.00 sampai dengan 17.30 WIB.

Hasil memang belum diumumkan secara resmi tetapi kita semua tentu berharap yang terbaik dan semoga semua siswa kelas industry akuntansi SMK Widya Dharma Turen mendapat sertifikat kompetensi “Service Excellence” dengan predikat kompeten.

Ditulis oleh Dewi Andriyani, pengajar mata pelajaran akuntansi dan perpajakan dan coordinator BKK SMK Widya Dharma Turen.