PT YEMI : Kualitas siswa prakerin SMK WD Turen Setara dengan D3

Kami berempat , saya, Alfredo Albertus Sandi dan Roby Angga dari kelas XI Axioo serta Nanda Ayuni dan Hanim Mufidhah dari kelas XI Cipta pada periode prakerin bulan Nopember 2017 sampai Februari 2018 in imendapatkan pengalaman prakerin yang luar biasa, karena kami ditempatkan di PT YEMI ( Yamaha Electronics Manufacturing Indonesia) sebuah perusahaan speaker aktive dari Jepang yang berlokasi di Kawasan Industri PIER Rembang Pasuruan.

Sesuai dengan jurusan kami, saya dan Robi ditempatkan di bagian IT sedangkan nanda dan Hanim ditempatkan di bagian Accounting.

Selama 4 bulan kami menjalani prakerin dengan mengikuti semua aturan dan kedisiplinan Jepang yang diterapkan di perusahaan. Dalam budaya Yamaha sendiri terdapat 12 aturan yg harus ditaati.

Kami merasa bangga bisa menjadi bagian dari PT YEMI dengan begitu kami mengerti bagaimana cara bertutur kata, menjaga sikap bangga dan rendah hati, berpikir proaktif ,berdiskusi, dan selalu mengutamakan kedisiplinan.

Untuk kami sendiri, saya dan Robi yang ditempatkan di bagian IT, kami selalu bertanggungjawab ketika melakukan kesalahan, kami sering sekali pulang lebih telat dari pada yang lain karena kami memang sudah berniat untuk belajar dan membantu, tapi bagi saya maupun Robi hal ini tidak menjadi masalah karena menurut kami ini adalah suatu kesempatan menerima pengalaman baru yang akan berguna dimasa depan.

Dalam menjalankan tugas  kami bedua juga menerima sesuatu yang berharga dari karyawan, saya selalu penasaran dan saya selalu banyak bertanya, terutama bagaimana menjalani hidup untuk mencapai sukses, terlintas dalam benak saya ,ternyata ilmu saya sekarang masih belum sampai batang pohon, saya ingin sekali melewati pucuk daunnya.

Apa yang tidak saya dapat di sekolah ,saya dapatkan di PT YEMI dan apa yang saya dapat di sekolah saya kembangkan di PT YEMI.

Saya telah menciptakan sebuah task untuk end task program dan saya membutuhkan waktu lama untuk mengerjakannya yakni, butuh waktu sekitar 5 hari untuk menemukan end task project ini disela-sela kelonggran waktu yang ada selama prakerin, bahkan sisa waktu  istirahat saya pakai untuk menuntaskan penemuan ini.

Setelah selesai dan berhasil, pembimbing saya sangat kagum dengan kemampuan anak seusia SMK bahkan mereka berkata. ”Seharusnya kamu sudah D3“.

Bapak Ipung selaku pembimbing sangat terpukau dengan  sekolah kami SMK Widya Dharma, beliau tersanjung dengan kualitas siswanya..

Bahkan banyak bapak ibu managemen yang puas dengan  bantuan kita, bahkan sering kali kami melakukan tugas yg sama sekali belum kita ketahui, tapi berkat kekompakan saya dengan Robi di IT, kami selalu berhasil mengerjakannya.

Itulah sekelumit pengalaman saya dan Robi selama prakerin di bagian IT PT YEMI, masih banyak hal positif lain yang suatu saat juga akan kami bagi.

So, untuk adek kelas saya, jangan takut untuk mencoba hal baru, misalnya prakerin di perusahaan, prakerin jauh dari orang tua, dan jangan takut  gagal karena ketakutan.

Tanamkan sikap rendah hati dan berpikirlah secara cepat dalam bertindak, selesaikan target yg sudah ditentukan, maka akan tercapai sebuah tujuan yg baik..

Tersenyumlah dihadapan hinaan, karena itu adalah kemampuan jiwa yg baik.

Good Luck SMKWD.

Written by : Alfredo Albertus Sandy, kelas XI Axioo 2017/2018

Edited and recomposed by : Ibu Dewi Andriyani, S.Pd, pembimping prakerin di PT YEMI dan BKK SMK Widya Dharma Turen