Rasa Syukur Tak Terhingga Ketika Bisa Mempersembahkan Piala LKS Akutansi

Lomba Keterampilan Siswa (LKS) SMK adalah lomba yang diselenggarakan MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMK Kabupaten Malang disetiap tahunnya. Saya disini ingin berbagi sedikit pengalaman Tentang LKS SMK tingkat Kabupaten Malang. Kemarin pada tanggal 27 September 2017 saya mengikuti LKS tingkat kabupaten bidang Accounting dan alhamdulillah saya meraih juara 3, walaupun saya gagal untuk ke tingkat provinsi. Tapi saya juga bersyukur karena saya yang diberi kepercayaan oleh sekolah untuk mewakili sekolah tercinta saya. Banyak sekali bidang perlombaan di LKS ini seperti Otomotif, Jasa Boga, Marketing, Sekretaris, dan masih banyak lagi.

Kalau tentang bidang saya yaitu Accounting atau biasa dikenal dengan akuntansi. Dilomba ini sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi kita disuruh untuk membuat makalah tentang Penentuan Harga Pokok Produksi dan Harga Pokok Penjulan di UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) disini kita harus observasi ke usaha kecil atau Home Industry  disekitar daerah dari masing-masing sekolah dan melaporkan hasil observasi dalam bentuk makalah dan makalah harus disetor ke panitia pada saat regristrasi ulang. Lalu pada saat hari dilaksanakannya lomba pada sesi pertama kita mengerjakan siklus akuntansi yaitu mulai dari menyusun jurnal penyesuaian sampai dengan laporan keuangan diantaranya Laporan Laba Rugi ( Income Statement ), Laporan Perubahan Ekuitas ( Capital Statement ), Neraca ( Balance Sheet ), dan Laporan Arus Kas kita juga mengerjakan jurnal penutup, neraca saldo setelah penutupan dan menyusun jurnal pembalik. Dalam sesi ini kita hanya diberi waktu 180 menit atau selama tiga jam. Sebenarnnya dalam mengerjakan siklus akuntansi ini tidak terlalu sulit hanya dibutuhkan ketelitian, ketepatan dan kecepatan dalam mengerjakan soal. Selanjutnya di sesi kedua ada Komputer Akuntansi atau MYOB (Main Your Owner Bussiness) di sesi ini kita mengerjakan dokumen transaksi dan memasukkannya ke dalam modul yang sesuai dan sampai pada mencetak laporan keuangan, dan kita diberi waktu 150 menit atau sekitar 2,5 jam. Sesi selanjutnya yaitu mempresentasikan hasil makalah dan K3 dalam Bahasa Inggris, setiap peserta diberi waktu 10 menit untuk berpresentasi lalu juri memberikan pertanyaan yang harus dijawab oleh setiap presenter.

Mungkin itulah pengalaman yang telah saya dapat saat mengikuti LKS SMK kemarin, mohon maaf apabila terdapat kesalahan-kesalahan baik yang saya sengaja maupun tidak saya sengaja dalam penulisan artikel ini. Semoga pembaca ada yang ikut ataupun akan mengikuti LKS bisa mendapat gambaran bagaimana LKS SMK itu, kritik dan saran sangat diperlukan untuk menjadikan kita manusia yang lebih baik lagi.  Terima kasih suah membaca artikel saya dan semoga bermanfaat.