Sedikit Cerita Pengalaman Merakit Komputer di SMK Widya Dharma

Praktek perakitan komputer kali ini bukanlah hal baru lagi bagi saya. Dalam praktek kali ini saya tidak sendirian. Di temani guru pembimbing saya Pak Iswanto Rusdiyan dan Pak Davis Nur Iqbal.

Ya benar saja, meskipun ini bukanlah hal yang asing bagi saya akan tetapi saat dalam proses perakitan saya merasa sangat gugup dan sangat kurang dalam konsentrasi. mungkin hal inilah yang membuat saya lama dalam merakit pc.

Dalam merakit pc di butuhkan adanya persiapan.Persiapan yang baik akan memudahkan dalam perakitan komputer serta menghindari permasalahan yang mungkin timbul. Selain itu sangat di butuhkan adanya Pengamanan Tindakan pengamanan diperlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan komponen oleh muatan listrik statis.

Tahapan proses pada perakitan komputer terdiri dari:

1. Penyiapan motherboard
2. Memasang Prosessor
3. Memasang heatsink
4. Memasang Modul Memori
5. memasang Motherboard pada Casing
6. Memasang Power Supply
7. Memasang Kabel Motherboard dan Casing
8. Memasang Drive
9. Memasang card Adapter

Setelah berjalan selama 8 jam akhirnya perakitan komputer selesai mulai, dari pemasangan komponen hingga instalasi sistem operasi. Saya sangat senang ditunjuk untuk merakit komputer-komputer ini, karena nantinya komputer ini akan diberikan kepada sekolah SMP yang berada di sekitar sekolahan kami. Semoga komputer yang saya rakit bisa bermanfaat untuk adik-adik SMP dan menambah semangat belajar mereka.