SMK WD Terjun Langsung Ke PT Indolacto Untuk Pelajari Corporate Culture

Hubungan antara sekolah dan dunia Industri menjadi sesuatu yang penting untuk peningkatan keterserapan siswa ke duni kerja. Namun banyak sekolah yang belum memahami konsep SMK yang sebenarnya, bahwa SMK harus mencetak siswa yang siap terjun ke dunia usaha dan dunia industri (DU/DI).

SMK Widya Dharma merupakan sekolah yang konsen dalam hal penyaluran siswa ke dunia kerja. Salah satu hal yang dilakukan adalah dengan melakukan kerjasama (MOU) dengan banyak perusahaan seperti PT Indolacto, PT Indomarco, PT Era Jaya, dan masih banyak lainnya.

Pada hari kamis (10/8/2017), SMK Widya Dharma melakukan kunjungan langsung ke PT Indolacto yang merupakan produsen susu terbesar di Indonesia. Perusahaan ini terletak di kota pasuruan yang letaknya sekitar 3 jam perjalan dari sekolah.

PT Indolacto sendiri terkenal dengan kebersihan, kedisiplinan, dan budaya kerja yang sangat baik. Maka dari itu SMK Widya Dharma mengajak seluruh guru dan karyawan untuk mempelajari Corporate Culture (Budaya Perusahaan) yang dijalankan oleh PT Indolacto.

Kegiatan kunjungan diawali dengan pengenalan PT Indolacto yang disampaikan oleh HRD, mulai dari sejarah berdirinya sampai ke pengenalan jenis-jenis produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

Kemudian dilanjutkan dengan sharing session mengenai Corporate Culture termasuk bagaimana karyawan dalam berpenampilan, bekerja, dan berprestasi dilingkungan perusahaan. Acara diakhiri dengan jalan-jalan mengelilingi PT Indolacto untuk melihat proses produksi dan kerja karyawan.

Setelah mendapatkan ilmu tentang Corporate Culture, kemudian tugas Bapak/Ibu dan karyawan adalah menyampaikan ke siswa, sehingga siswa mengerti dan tahu apa yang dibutuhkan jika ia ingin bekerja di dunia kerja seperti Indolacto.

Pesan yang didapatkan dalam kunjungan hari ini yakni Attitude itu dibentuk oleh proses, sedangkan skill itu dapat dengan mudah dibentuk. Dunia kerja lebih memprioritaskan siswa yang memiliki attitude yang baik, percuma pintar jika tidak mempunyai sikap yang baik.