SMK WIDYA DHARMA BERKOMITMEN MENGASAH SOFT SKILL DAN CORPORATE CULTURE KNOWLEDGE SISWA MELALUI PRAKERIN

PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha Atau Dunia Industri dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya dan juga menambah bekal untuk masa – masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semakin banyak, serta ketat dalam persaingannya seperti di masa sekarang ini.

Dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini diharapkan setiap siswa – siswi mampu mengikuti kegiatan kerja serta memahami kegiatan kerja yang dilakukan di dunia Usaha ataupun di dunia industri agar siswa – siswi tersebut dapat mencapai serta mendapatkan sesuatu yang baik dan berguna bagi dirinya serta agar siswa – siswi tersebut mampu menunjukan kinerjanya secara maksimal apa yang telah dilakukannya selama berada di dunia usaha atau dunia industri sehingga mampu membuat dirinya diperhitungkan di dunia usaha atau dunia industri.

Prakerin memberikan dan sekaligus mengajarkan kepada anak didik akan dan bagaimana kehidupan di dunia kerja. disamping ajang uji coba ilmu yang ia pelajari. Melalui prakerin siswa diharapkan mampu memahami tentang bagaimana tata dan aturan di dunia industri/usaha, sehingga ketika ia nantinya tamat ia sudah benar-benar siap bekerja baik secara keilmuan maupun secara kejiwaan dan mental.

SMK Widya Dharma Turen yang semakin berkomitmen untuk mendekatkan dengan dunia usaha dan dunia industri pada tahun pelajaran 2017/2018 ini juga membekali siswa-siswi kelas XI untuk siap mengikuti program prakerin baik di dunia usaha maupun industry baik di Turen dan sekitarnya maupun di luar kota di industri-industri yang bekerjasama dengan sekolah.

Di tahun pelajaran 2017/2018 ini prakerin di SMK Widya Dharma dilaksanakan dalam 2 tahap. Tahap I dikhususkan bagi prakerin yang dilaksanakan di perusahaan-perusahaan besar di luar kota pada bulan Nopember 2017 – Pebruari 2018. Ada 18 siswa dari berbagai program keahlian yang pada tahun ini menjadi peserta magang di perusahaan-perusahaan tersebut seperti di PT JAI Pasuruan, PT YEMI Pasuruan, PT BHS Pandaan, PT Supra Aluminium Industry Pandaan dan PT Karya Manunggal Jati Sidoarjo. Jumlah tersebut meningkat dari tahun kemarin , hal ini menunjukkan animo siswa untuk prakerin di perusahaan di luar kota semakin meningkat. Siswa semakin memiliki keberanian, tanggung jawab dan mandiri.

Untuk dapat mengikuti magang di perusahaan-perusahaan tersebut siswa sebelumnya diseleksi oleh pihak sekolah dan dites oleh pihak industri. Selain kemampuan akademis, terutama penguasaan excel dan email, siswa juga dituntut memiliki attitude yang baik, terutama dalam hal kedisiplinan, kejujuran, inovatif dan komunikasi aktif.

Selain prakerin/magang yang dilaksanakan di industri di luar kota, SMK Widya Dharma juga menyelenggarakan prakerin regular di bulan Januari 2018 sampai dengan Maret 2018 untuk penempatan turen dan sekitarnya. Walaupun tidak seketat di perusahaan prakerin di dunia usaha/industri di wilayah Turen dan sekitarnya tetap menuntut siswa prakerin untuk berkompeten dan berattitude baik.

Selamat menyelesaikan prakerin dengan baik. Junjung tinggi nama baik diri kalian dan SMK Widya Dharma Turen.  SMK Widya Dharma Turen… Unite to Develop the Bright Future.