APAKAH EFEKTIF BELAJAR DARI RUMAH?

Seluruh siswa SMK Widya Dharma Turen dengan sangat terpaksa harus belajar dari rumah mulai dari bulan Maret sampai dengan saat ini. Tidak hanya itu, kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) juga terpaksa berhenti sebelum enam bulan sesuai dengan peraturan sebelumnya. Terus bagaimana dengan situasi belajar dari rumah selama pandemi Covid-19? Tentunya Bapak Wiwit Agustiono, S.T selaku Kepala Sekolah membuat kebijakan serta membina Bapak/Ibu guru untuk membuat pembelajaran yang tidak membosankan bagi siswa selama belajar dari rumah.

Kegiatan Penilaian Akhir Semester juga sudah dilalui dengan baik dan tertib oleh seluruh siswa pada situs E-learning SMK Widya Dharma yakni di https://elearning.smkwidyadharma.sch.id/. Sebelumnya siswa dan guru sudah terbiasa melaksanakan pembelajaran melalui E-learning karena SMK Widya Dharma Turen termasuk sekolah Smart School. Tidak hanya di E-learning, pembelajaran online juga dilakukan via WhatsApp serta YouTube. Beberapa kegiatan pembelajaran tersebut dilaksanakan agar siswa tidak bosan selama belajar dari rumah. Sebelumnya siswa dan guru sudah terbiasa melaksanakan pembelajaran melalui E-learning karena SMK Widya Dharma Turen termasuk sekolah Smart School. Tidak hanya di E-learning, pembelajaran online juga dilakukan via WhatsApp serta YouTube. Beberapa kegiatan pembelajaran tersebut dilaksanakan agar siswa tidak bosan selama belajar dari rumah.

Tidak hanya Penilaian Akhir Semester yang dilakukan secara online, tetapi kegiatan Pesantren Ramadhan juga dilakukan secara online via WhatsApp dipandu oleh guru agama SMK Widya Dharma Turen. Kegiatan Pesantren Ramadhan dilakukan selama enam hari, dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang 1, diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan gelombang 2, diikuti oleh seluruh siswa kelas XI.

Meskipun belajar dari rumah, siswa SMK Widya Dharma melakukan kegiatan efektif sama halnya dengan siswa belajar di sekolah. Dengan begitu, siswa akan merasa memiliki tanggung jawab sebagai siswa. Kegiatan sekolah selama masa perpanjangan belajar dari rumah pada bulan Juni.

  1. Kegiatan Remidial Penilaian Akhir Semester 3 – 5 Juni 2020 melalui E-learning SMK Widya Dharma.
  2. Menyelesaikan tanggungan tugas atau perbaikan nilai sampai dengan 5 Juni 2020 sebelum Bapak/Ibu guru input nilai pada sirapot SMK Widya Dharma.
  3. Penerimaan Raport Semester Genap dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 19 dan 20 Juni 2020.
  4. Classmeeting juga akan dilaksanakan secara online pada tanggal 8 – 18 Juni 2020 dipandu oleh OSIS SMK Widya Dharma.