BERAWAL DARI SAMPAH SMK WD RAIH JUARA 1 EXPO ITC SMK 2021 SE-JAWA TIMUR

Expo dan Expose Information and Communication Technology (ICT) SMK Jatim 2021 mengusung tema “Adaptasi Prospek Kerja SMK Memasuki Era Society 5.0” dalam rangka rangkaian hari jadi Provinsi Jawa Timur ke-76 di SMKN Negeri 1 Singosari pada Sabtu-Minggu 23-24 Oktober 2021. Hadir dalam acara tersebut para Pejabat di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan Jajaran Perangkat Daerah Kabupaten Malang. Dalam acara tersebut dibuka secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan juga Bupati Malang Drs. H.M Sanusi.

Selaras dengan menyongsong Era Society di masa pandemic covid 19 yang berdampak besar terhadap perekonomian masyarakat khususnya menengah ke bawah. Terlebih lagi pelaku usaha UMKM dan non UMKM. Di samping itu produksi sampah semakin banyak dan tak terkendali khususnya sampah organic. Untuk mengatasi dua masalah tersebut maka lahirlah system IoT SMART TRASH CITY 4.0 dengan cara menciptakan sebuah ekosistem pengelolaan sampah terintegrasi yang menghubungkan antara masyarakat dengan pihak pengelola sampah organic. Tujuan utamanya yaitu meningkatkan pendapatan masyarakat dari hasil penjualan sampah organic kepada pengelola sampah, dan juga mempermudah pihak pengelola sampah dalam proses distribusi sampah organic oleh masyarakat.

Smart Trash City 4.0

Ada 62 SMK terpilih di Jawa Timur yang mengikuti Expo & Expose ICT SMK Jawa Timur 2021 melalui forum MKKS. Bersaing bersama dengan sekolah lain, SMK Widya Dharma Turen menciptakan sebuah ekosistem pengelolaan sampah terintegrasi yang menghubungkan antara masyarakat dengan pihak pengelola sampah organic. Tujuan utamanya yaitu meningkatkan pendapatan masyarakat dari hasil penjualan sampah organic kepada pengelola sampah, dan juga mempermudah pihak pengelola sampah dalam proses distribusi sampah organic oleh masyarakat. Sistem ini secara singkat mengedepankan 4 point penting sebagai berikut:

PACKAGING

Selain menciptakan sebuah ekosistem pengelolaan sampah terintegrasi, SMK Widya Dharma Turen juga memamerkan produk Packaging yang didesain sendiri guna meningkatkan nilai jual produk tersebut.

Peserta Expo sedang melihat produk-produk Pameran di Stand SMK WD

Acara yang berlangsung dua hari ini, berlangsung cukup ramai khususnya di hari kedua, karena pengunjung berasal dari kalangan umum, ada juga pengujung dari sekolah lain, maupun siswa dari tuan rumah memadati expo yang bertempat di SMK N 1 Singosari ini. Rata-rata mereka ingin mencoba langsung terobosan baru yang diciptakan siswa SMK, selain itu pengujung banyak yang tertarik untuk mendapatkan manfaat dari produk yang mereka buat.

Pengunjung mendengarkan penjelasan ekosistem penglahan sampah integratif dari Wijaya Agung

Setelah berlangsung dua hari, puncaknya pengumuman juara dilaksanakan pada akhir acara Expo dan Expose, berawal dari sistem pengintegrasian pengelolaan sampah SMK Widya Dharma Turen berhasil menjadi juara 1 kategori Produk Kreatif yang diciptakan. Dengan raihan ini SMK Widya Dharma Turen berhasil mengungguli sekolah-sekolah lain dalam menciptakan produk kreatif di bidang Expo dan Expose Information and Communication Technology (ICT) SMK Jatim 2021. Selamat untuk SMK WD

Penyerahan Juara 1 Produk Kreatif SMK Jatim 2021