Donor Darah SMK WD Turen

MELALUI DONOR DARAH, SMK WIDYA DHARMA TUREN TURUT ANDIL MENYELAMATKAN KEHIDUPAN

Donor darah, salah satu kegiatan yang bernilai kemanusiaan karena dapat berbagi dan tentunya dapat menyelamatkan nyawa orang lain yang sedang dalam kondisi kritis serta memerlukan transfusi darah. Selain itu, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan orang yang melakukannya. Diantaranya menyeimbangkan zat besi, mengurangi resiko penyakit berat seperti serangan jantung, stroke, dan obesitas.

Nah kali ini, SMK Widya Dharma Turen mengadakan kegiatan donor darah dari PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Malang. Acara donor darah kali ini, berlangsung pada hari Sabtu, 13 April 2019. Dimulai tepatnya pukul 09.00 – 11.30 WIB. Teryata kegiatan ini mendapatkan respon yang sangat positif dari seluruh siswa-siswi SMK Widya Dharma Turen. Tidak hanya itu, Bapak Wiwit Agustiono, S.T selaku kepala sekolah SMK Widya Dharma Turen juga ikut serta di dalam kegiatan donor darah tersebut. Selain itu, tidak ketinggalan Bapak/Ibu guru dan karyawan, serta alumni turut andil di dalamnya.  

Untuk bisa menjadi peserta donor darah pun ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi. Di antaranya, adalah berusia 17 hingga 60 tahun, berat badan yang harus di atas 45Kg, tingkat Hemoglobin di atas 12,5 gram, denyut nadi normal dan tekanan darah baik, tidak sedang menstruasi bagi perempuan, tidak mengonsumsi obat-obatan dan juga tidak memiliki riwayat penyakit berat atau menular. Tentunya hal ini dimaksudkan agar darah yang didapatkan dari kegiatan donor darah adalah darah yang bersih dan sehat.

Karena terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam melakukan donor darah. Maka dari itu, tidak semua siswa-siswi dapat mengikuti kegiatan tersebut karena masih belum memenuhi persyaratan. Tetapi, hal ini tidak mengurangi antuasias dari warga SMK Widya Dharma Turen. Semoga kegiatan kali ini bermanfaat, dan selagi kita bisa berbagi kenapa tidak? Karena berbagi itu indah.