MELANGKAH BERIRINGAN MENUJU GERBANG KESUKSESAN PADA WISUDA SMK WIDYA DHARMA TUREN 2018/2019

SMK Widya Dharma Turen telah melangsungkan acara wisuda tahun pelajaran 2018/2019 dengan sangat meriah. Wisuda kali ini dilaksanakan sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, karena wisuda kali ini dilaksanakan sebelum pengumuman kelulusan. Hal ini, dikarenakan pada tanggal 8 April 2019 seluruh siswa kelas XII SMK Widya Dharma Turen telah dipesan oleh lima perusahaan besar, yakni PT Funbrother, PT Sritex, PT Optik International, PT Center Point, dan PT Cipta Jasatama.

Pada wisuda kali ini, SMK Widya Dharma Turen dihadiri dari berbagai kalangan, seperti halnya Ibu Pembina serta ketua yayasan Pendidikan Widya Dharma, Bapak Pengawas Cabang Dinas Kabupaten Malang, dan Bapak-Ibu HRD yang bekerja sama dengan SMK Widya Dharma Turen.

Penampilan Kesenian Tari Siswa SMK Widya Dharma Turen

Acara wisuda SMK Widya Dharma Turen diawali dengan pra acara dari grup extra kulikuler Band, Al Banjari, dan Karawitan dengan suguhan perpaduan dari irama, penampilan, nyanyian  yang sangat indah. Prosesi di mulai tepat pukul 08.00 diawali dari Kepala Sekolah didampingi Waka, diiringi Dewan guru dan Karyawan SMK Widya Dharma Turen serta dilanjutkan kelas XII TKJ 1, XII Kelas Industri TKJ Axioo Class Program, XII AK 1, XII Kelas Industri Akuntansi Cipta Sarana Cendekia Accounting and Tax Class Program, XII APK 1, XII APK, dan XII APK 3.

Setelah prosesi selesai, acara selanjutnya adalah Tari Selamat Datang: Tari Bapang Jayasentika untuk penyambutan seluruh wisudawan dan para hadirin yang sudah datang. Acara selanjutnya pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an dan Sari Tilawah yang dibacakan oleh ananda Alfan dan ananda Dwi Wilujeng.

Setelah menyanyikan lagu “Indonesia Raya” yang dipandu oleh Ibu. Dorcas, acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia wisuda tahun pelajaran 2018/2019 oleh Bpk. Irawan Jatmiko.

Saatnya acara inti, yakni rangkaian prosesi pelantikan wisudawan dan wisudawati yang diwakili siswa terbaik dari masing-masing kelas untuk disematkan Gordon oleh Ibu Dra. Hj. Darwati, MM Daftar siswa terbaik dari masing-masing kelas disampaikan sbb:

  1. Nova Salsabila Putri dari kelas XII AK 1
  2. Lolita Puspita Sari dari kelas XII AK 2
  3. Fahrani Nur Chasanah dari kelas XII APK 1
  4. Nisa Hanifah dari kelas XII APK 2
  5. Qomariyah dari kelas XII APK 3
  6. Moch. Bagus Wardana dari kelas XII TKJ 1
  7. Agustin Gandis Saputri dari kelas XII TKJ 2
Pembacaan Ikrar Wisudawan

Selanjutnya adalah pembacaan ikrar wisuda yang dipandu oleh wisudawan Alfredo Albertus Sandy dari program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan serta wisudawati Halimatus Sa’ada dari program keahlian Adm. Perkantoran. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Mars Widya Dharma” oleh seluruh wisudawan dan wisudawati.

Sambutan Kepala Sekolah SMK Widya Dharma Turen

Sambutan dari Kepala Sekolah SMK Widya Dharma Turen. Dalam sambutannya Bpk. Wiwit Agustiono S.T menyampaikan banyak terima kasih atas kepercayaan dan kerjasama dari berbagai perusahaan besar yang sudah bekerjasama dengan SMK Widya Dharma Turen selama ini. Karena hal itulah, 100% siswa SMK Widya Dharma Turen terserap kerja. Sambutan selanjutnya dari Drs. Singgih Winarto, M.Pd selaku Pengawas Cabang Dinas Kabupaten Malang, memberikan motivasi siswa SMK Widya Dharma Turen dalam memasuki dunia kerja.

Selingan Tari Cunduk Menur persembahan extra kurikuler tari. Tarian ini berasal dari Banyuwangi. Tari cunduk menur adalah perlambangan dari seorang wanita yang cantik dan molek, yang menjadi sisik melik (bunga desa) di lingkungannya.

Sambutan wakil wisudawan dan wisudawati oleh Nurjanah dari kelas XII Kelas Industri Akuntansi Cipta Sarana Cendekia Accounting and Tax Class Program yang berisi tentang gambaran SMK Widya Dharma layaknya Kawah Candra Dimuka, baginya. Berikutya, sambutan dari wakil wali murid wisudawan dan wisudawati oleh Bpk. Sugeng Prayitno, S.Pd ayahanda dari Rahadyan Dino Prayitno dari XII Kelas Industri TKJ Axioo Class Program.

Selingan lagu “Kasmaran” yang dibawakan oleh wisudawan dari kelas XII APK 3 yakni ananda Vichri Mawandani. Sambutan penutup dari Ibu Dra. Hj. Darwati, MM selaku Pembina yayasan Pendidikan Widya Dharma Turen. Setelah itu, pembacaan doa yang dipandu oleh Bpk. Khoirul Warisin dan dilanjutkan ramah tamah seluruh hadirin dengan Bapak-Ibu guru SMK Widya Dharma Turen.

Keseluruhan acara wisuda kali ini berjalan dengan lancar berkat 2 MC kebanggaan SMK Widya Dharma Turen, yakni Ibu Dewi Andriyani, S.Pd dan Bpk. Ivan Sugawa, S.E.

Selamat merangkai masa depan para wisudawan dan wisudawati tahun pelajaran 2018/2019. Terimakasih telah hadir untuk memberi warna dalam setiap episode di sekolah kita tercinta SMK Widya Dharma Turen.