MPLS 2018 SMK Widya Dharma Turen

Menjadikan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Baru

Bagi setiap calon peserta didik baru yang akan menempuh jenjang pendidikan formal merupakan kegiatan setiap tahun dalam dunia pendidikan. Untuk itu, peserta didik baru memerlukan tahap pengenalan terhadap lingkungan baru agar nantinya mereka bisa belajar dengan baik. Tahap itulah yang akan mereka dapatkan dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Kegiatan MPLS dilaksanakan sebagai upaya pembinaan dan pengembangan karakter peserta didik yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun.  Selain itu, hal terpenting dalam kegiatan MPLS kepada peserta didik baru adalah pengenalan budaya atau school culture yang sesuai dengan visi dan misi sekolah. Para peserta didik baru perlu diperkenalkan hal seperti ini agar, mereka mampu menyiapkan diri untuk lebih cepat beradaptasi terhadap lingkungan baru yang akan didudukinya, serta memberi konstribusi yang cukup besar terhadap peningkatan perkembangan individu dan sosial.

Dengan kondisi MPLS yang berkarakter, para peserta didik baru dapat dengan mudah mengerti tentang dirinya, tujuan hidupnya, mengaktualisasikan bakat dan kemampuannya dalam berbagai macam kegiatan, serta mampu beradaptasi untuk masa-masa sekolah. Dengan demikian, mereka dapat mengaktualisasikan potensi dan bakat yang terpendam yang mereka miliki.

MPLS 2018 SMK Widya Dharma Turen
MPLS 2018 SMK Widya Dharma Turen

Pemberian kegiatan MPLS di SMK Widya Dharma Turen mempunyai kekhususan tersendiri, yaitu disamping pengenalan lingkungan sekolah dengan berbagai sarana dan fasilitas, dimaksudkan juga memberikan informasi atau gambaran program studi, dengan cara belajarnya yang lebih menekankan pada peningkatan jam praktik, serta memperkenalkan jaringan relasi dari kalangan dunia usaha dan industri yang menjalin kerjasama dengan SMK Widya Dharm Turen. Serta permasalahan tuntutan dunia kerja yang akan dihadapi nanti.Tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan MPLS di SMK Widya Dharma Turen adalah:

  1. Agar peserta didik miliki kemampuan menyesuaikan diri dengan setiap perubahan yang terjadi di lingkungan sekolah.
  2. Agar peserta didik dapat meningkatkan keterampilan belajar, sehingga mampu mengatasi masalah yang akan dihadapi berkaitan dengan program belajar.
  3. Agar peserta didik memiliki kesadaran untuk bersikap dan bertingkah laku sebagai peserta didik yang berbudi pekerti luhur.
  4. Agar peserta didik memiliki rasa kebanggaan menempuh pendidikan di SMK Widya Dharma Turen, sehingga mampu melaksanakan fungsi, hak dan kewajiban serta tanggung jawabnya sebagai peserta didik yang baik.
  5. Agar peserta didik dapat mengembangkan pribadinya secara optimal, sehingga menjadi sumber daya manusia yang efektif.

Untuk mencapai tujuan di atas, diperlukan sebuah kegiatan MPLS yang kreatif. Kemampuan setiap peserta didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya memang berbeda-beda. Untuk itu, perlu paduan kegiatan dan bimbingan yang cukup terarah dari guru dan kakak kelas kepada peserta didik baru yang dapat membantu mereka berdaptasi dengan baik dan secepat mungkin di lingkungan baru.

Berikut materi-materi yang diberikan pada kegiatan MPLS di SMK Widya Dharma Turen adalah:

  1. Kebijakan Sekolah
  2. Radikalisme dan Narkoba
  3. Pengenalan Kurikulum SMK
  4. Tata Tertib Sekolah dan Sistim Point
  5. Cara Belajar Efektif dan Efesien
  6. Manfaat dan Dampak Teknologi Informasi
  7. Pengenalan Ekstrakulikuler
  8. Sekolah Berbudaya Industri
  9. Pola Hidup Bersih
  10. Training Motivasi