Mewujudkan Kebersamaan dan Kepedulian Sosial Dengan Berkorban

Gema takbir berkumandang sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis tanggal 30 Juli 2020 menandakan bahwa Hari Raya Idul Adha telah tiba. Peringatan Hari Raya Idul Adha selalu identik dengan penyembelihan hewan qurban sebagai bentuk ritual ibadah sosial. Keluarga besar SMK WIDYA DHARMA TUREN sebagai lembaga pendidikan yang juga memiliki komitmen kepedulian sosial terhadap orang yang kurang mampu setiap tahun selalu memperingati Hari Raya Idul Adha dengan melaksanakan kegiatan pemotongan hewan qurban. Untuk tahun ini Alhamdulillah meskipun ditengah kondisi pandemi covid-19 keluarga besar SMK WIDYA DHARMA TUREN masih bisa melaksanakan kegiatan pemotongan hewan qurban 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing dari hasil patungan Qurban beberapa bapak ibu guru dan karyawan. Meskipun peringatan Idul Adha di sekolah tahun ini agak sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena sekolah tidak menyelenggarakan sholat Ied berjamaah tetapi semangat untuk berbagai melalui kegiatan berqurban tetap ada.

Kegiatan pemotongan hewan qurban tahun ini diikuti oleh seluruh dewan guru dan karyawan, hal ini bertujuan untuk membangun kebersamaan dan kekeluargaan antar guru dan karyawan. Selain dari dewan guru dan karyawan juga dibantu oleh beberapa siswa pengurus OSIS dari kelas XI dan XII. Dari 1 ekor sapi yang disembelih menghasilkan kurang lebih 350 kantung kresek daging qurban yang kemudian dibagikan kepada sekitar 60 siswa dan siswi SMK WIDYA DHARMA TUREN yang kurang mampu, selain itu daging qurban juga dibagikan kepada warga kurang mampu yang ada di sekitar sekolah.

Di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini kegiatan qurban sangat membantu utamanya kepada warga yang kurang mampu. Mengingat sejak terjadinya pandemi covid-19 banyak sektor ekonomi yang tidak bisa berjalan dengan baik sehingga sangat berdampak pada kondisi ekonomi warga. Kegiatan semacam ini akan terus berlanjut dan menjadi agenda rutin bagi keluarga besar SMK WIDYA DHARMA TUREN kedepannya sebagai bentuk kepedulian sosial kepada sesama.

Semoga ditahun-tahun yang akan datang peringatan Hari Raya Idul Adha di SMK WIDYA DHARMA TUREN bisa lebih baik dari tahun ini, sehingga pembagian daging qurban bisa lebih merata dan menjangkau masyarakat kurang mampu yang lebih luas. Amin.