SMK WIDYA DHARMA TUREN SIAP UNJUK DIRI PADA LOMBA ROBOT SOCCER DAN MIKROTIK

Robot soccer adalah salah satu jenis mobile robot sederhana yang dapat bergerak sesuai perintah yang diberikan dari remot kontrol. Robot ini dapat berupa maju, mundur, belok kiri, dan belok kanan. Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot dan warnet. Deskripsi singkat berikut adalah materi yang dipelajari oleh siswa-siswi SMK Widya Dharma Turen jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

            SMK Widya Dharma Turen sangat beruntung sekali karena mendapat kunjungan dari mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang pada hari Sabtu, 20 April 2019. Tujuan beberapa mahasiswa berkunjung ke SMK Widya Dharma Turen adalah untuk belajar bersama tentang Robot Soccer dan Mikrotik. Pada kegiatan ini diikuti siswa-siswi kelas X dan kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jarian (TKJ). Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 08.00 sampai dengan 13.00 WIB.

Selama kurang lebih 5 jam tersebut, siswa-siswi SMK Widya Dharma Turen sangat antuasias sekali waktu merakit robot dan memainkannya. Berkat tambahan pengetahuan dari mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang, siswa-siswi perwakilan SMK Widya Dharma memiliki bekal untuk dapat memboyong juara nanti pada lomba Robot Soccer dan Mikrotik.