Sosialisi Program Sekolah Kepada Orang Tua/ Wali Murid Kelas X SMK Widya Dharma Turen

Diterima kerja  di perusahaan dengan gaji yang besar pasti menjadi cita-cita bagi sebagian besar siswa setelah lulus dari sekolah menengah kejuruan, atau dapat melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri atau universitas favorit. Begitu pula sebaliknya, orang tua mana yang tidak bangga jika setelah lulus putra atau putrinya langsung bekerja di perusahaan dengan pendapatan yang tinggi atau diterima di perguruan tinggi impiannya.

Hal senada juga diharapkan oleh sekolah selaku pengelola lembaga pendidikan. Seperti kita ketahui bahwa  tingkat keberhasilan sekolah menengah kejuruan diukur dari seberapa besar lembaga tersebut dapat mengantarkan lulusannya untuk memasuki dunia kerja yang relevan, dan seberapa banyak lulusannya dapat diterima diperguruan tinggi negeri.

Agar dapat mewujudkan semua itu SMK Widya Dharma Turen berupaya menyamakan visi sekolah dengan harapan orang tua melalui kegiatan sosialisasi program sekolah yang dikemas dengan tema “Kerjasama Sekolah dan Orang Tua Kunci Keberhasilan Belajar Siswa”.

Tujuan sosialisasi program sekolah

Adapun sosialisasi program sekolah ini dilakukan dengan tujuan sebagai berikut :

  1. Pihak sekolah memberikan informasi yang jelas kepada orang tua/ wali murid tentang program kerja SMK Widya Dharma selama 3 (tiga) tahun ke depan
  2. Memberikan penjelasan mekanisme penanganan siswa ketika siswa berhalangan hadir
  3. Memberikan penjelasan mengenai pemberian penghargaan bagi siswa yang berprestasi, atau bea siswa bagi siswa yatim atau siswa dari keluarga kurang mampu
  4. Memberikan penjelasan tentang sanksi yang harus diterima ketika siswa melakukan pelanggaran.
  5. Meyakinkan orang tua bahwa putra atau putrinya masuk di sekolah yang tepat, dan diajar serta didik secara baik.
  6. Memberikan kesempatan kepada orang tua/ wali murid agar lebih mengenal SMK Widya Dharma secara lebih jauh tentang kebijakan dan manajemen sekolah
  7. Meyakinkan orang tua bahwa pihak sekolah tetap menyelenggarakan pembelajaran tatap muka sesuai dengan protokol kesehatan sebagaimana yang ditetapkan oleh pemerintah.
  8. Memberikan kesempatan kepada orang tua/ wali murid agar dapat saling sharing dan memberikan masukan dalam pengelolaan lembaga demi meningkatkan kinerja lembaga di masa depan
  9. Membentuk kesepakatan yang mantap antara pihak sekolah dengan orang tua mengenai apa yang harus dilakukan oleh kedua belah pihak agar siswa dapat mencapai keberhasilan dalam belajar.
  10. Lebih mendekatkan hubungan sosial dan emosional antara pihak sekolah dengan orang tua/ wali murid, terutama hubungan yang berkaitan dengan kekompakkan dalam penanganan siswa selama mengikuti program pembelajaran di SMK Widya Dharma Turen.

Bapak Mohamad Yasin, S.Pd. selaku Wakasek Kesiswaan sedang memberikan penjelasan tentang Santandar Operasional Masuk Sekolah selama masa pandemi Corona

Tempat pelaksanaan kegiatan

Tidak seperti biasanya, sosialisasi program sekolah pada kesempatan kali ini tidak dilakukan secara serentak di dalam aula SMK Widya Dharma Turen, tetapi dilakukan secara bertahap.  Pada masa pandemi Covid-19 ini, kegiatan Sosialisasi program sekolah dilaksanakan secara bertahap bertempat di Aula outdor SMK Widya Dharma Turen, hal ini dilakukan agar pelaksanaanya benar-benar sesuai dengan protokol kesehatan dan hasilnya lebih efektif. Dari sebanyak 10 rombel kelas X yang ada, sosialisasi dilakukan dalam 3 hari dengan jadwal sebagai berikut :

  1. Rabu, 19 Agustus 2020 diikuti oleh wali murid kelas X OTKP 1, X OTKP 2, X OTKP 3
  2. Jumat, 21 Agustus 2020 diikuti oleh wali murid kelas X OTKP 4, X TKJ 1, X TKJ 2
  3. Sabtu, 22 Agustus 2020 diikuti oleh wali murid kelas  X TKJ 3, X TKJ 4, X AKL 1 dan X AKL 2

Secara keseluruhan kegiatan sosialisasi program sekolah ini diikuti oleh sekitar 350 orang tua wali murid kelas X tahun pelajaran 2020/2021.

Dalam pelaksanaan pertemuan tersebut setiap orang tua yang hadir diwajibkan mengikuti protokol kesehatan sebagaimana standar operasional prosedur yang telah ditetapkan oleh SMK Widya Dharma Turen terhadap semua pihak yang masuk ke lingkungan kampus SMK Widya Dharma Turen, diantaranya semua tamu undangan wajib mengenakan masker (bagi yang tidak membawa masker, maka akan diberikan secara gratis oleh paniitia penyelenggara) dicek suhu tubuhnya oleh satgas covid, kemudian diarahkan untuk cuci tangan pada tempat yang telah ditetapkan, dan selanjutnya dipersilahkan untuk menuju tempat duduk yang telah disediakan.

Hadir Dalam pertemuan tersebut selain orang tua/ wali murid, hadir pula Komite Sekolah, Pengurus Yayasan dan Pembina Yayasan Pendidikan Widya Dharma Turen Ibu Dra. Hj. Darwati, M.M.

Mengingat sosialisasi program sekolah tersebut sangat penting dan sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan sekolah, maka pihak sekolah menngambil kebijakan menggundang kembali orang tua/ wali murid yang tidak dapat hadir pada pertemuan pada tanggal tersebut di hari Sabtu tanggal 5 September 2020 bertempat di aula indor SMK Widya Dharma Turen.

Akhirnya dengan diselenggarakannya kegiatan Pertemuan Wali murid pihak sekolah berharap benar-benar membawa dampak positif bagi dalam rangka membangun kebersamaan dengan orang tua untuk meningkatkan kompetensi dan karakteristik siswa agar nantinya setelah menyelesaikan studinya, alumni dapat memasuki dunia kerja sesuai dengan standar yang diharapkan oleh dunia usaha dan dunia industri, amiin.


Penjelasan program sekolah oleh Ketua Yayasan pada hari Sabtu, 22 Agustus 2020
Penjelasan program sekolah oleh Ketua Yayasan pada hari Sabtu, 22 Agustus 2020
Pembacaan doa dan penutup kegiatan dipimpin oleh Ustadz Khoirul Warisin, S.Pd.I